Sumbar - Danau Singkarak






Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan luas 107,8 km² danau ini merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman. (wikipedia)
Danau Singkarak terletak pada ketinggian 36,5 meter diatas permukaan laut dan juga merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera setelah danau Toba.
Dengan airnya yang jernih, danau Singkarak merupakan habitat ikan Bilih (Mystacoleucus Padangensis) yang menurut masyarakat sekitar, ikan Bilih hanya hidup di danau ini, dan menjadi salah satu makanan khas selain gulai Bauang tentunya.
Perjalanan ke Danau Singkarak sendiri merupakan salah satu dari beberapa tujuan wisata kami di Sumatera Barat seperti Jam Gadang di Bukit Tinggi, Ngarai Sianok, Goa Jepang, Benteng Fort de Cock, kebun binatang Taman Puti Bungsu, Istana Pagaruyuang dan Batu Basurek di Batu Sangkar, Danau di Atas Danau di Bawah, Pantai tempat si Malin di kutuak jadi batu di Padang dan tentunya makanan khas Padang yang nikmat rasonyo. Semoga bisa dibahas satu-satu deh….
Keindahan danau Singkarak mulai kami nikmati sepanjang jalan raya yang berada pinggir danau, yang menghubungkan Padangpanjang dengan Solok.
Sudah dua kali saya berkunjung ke Danau Singkarak. Kejernihan dan riak-riak kecil air danau tak mampu menahan hasrat saya untuk tidak berenang. Tak lama setelah turun dari kendaran saya pun langsung nyebur ke danau, rancak bana….
Indonesia memang kaya akan keindahan alam, dan Sumatera Barat adalah salah satu wilayah di Indonesia yang menawarkan banyak objek-objek wisata alamnya. Rasanya tidak cukup waktu satu minggu untuk menikmati keindahan ranah minang ini. Amboii….


Tidak ada komentar:

search box