Wisata Jakarta

Jakarta Pusat
  • Di sini terdapat Istana Negara yang merupakan 'kantor' bagi Presiden Republik Indonesia. Tahun ini untuk pertama kalinya Istana Negara membuka program Wisata Istana Negara. Program wisata ini dibuka untuk umum mulai 24 Mei 2008. Di sini pengunjung akan dibawa berkeliling istana dan tentunya disambut oleh Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. Wisata Istana Negara ini dibuka pada hari Sabtu dan Minggu.
  • Tidak jauh dari Istana Negara, terdapat Museum Nasional yang menyimpan berbagai macam benda-benda peninggalan sejarah,
  • Monumen Nasional (Monas) yang menyimpan naskah asli proklamasi kemerdekaan RI. Daya tarik lain adalah puncak Monas di ketinggian 64M untuk menikmati panorama gedung-gedung di Jakarta.
  • Tugu/patung proklamator RI Sukarno-Hatta, terletak di jalan Proklamasi Jakarta Pusat. Selain terdapat patung proklamator sebagai objek utamanya, juga dikelilingi oleh taman yang cukup luas dan rindang.
  • Planetarium yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki di Jl. Cikini, merupakan sarana wisata edukasi bagi anak-anak yang gemar atau tertarik dengan ilmu astronomi. Pemutaran film tentang tata surya dalam sebuah ruang dengan kubah besar merupakan pengalaman yang tak terlupakan oleh anak-anak.
  • Arena Pekan Raya Jakarta (Kemayoran) biasa diadakan setahun sekali di bulan Juni-Juli untuk memperingati ulang tahun kota Jakarta
Jakarta Barat

  • Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), berkeliling kawasan kota tua juga bisa jadi alternatif kegiatan yang menyenangkan.
  • Di wilayah Kota banyak terdapat ojek wisata kuno berupa gedung-gedung tua peninggalan masa penjajahan Belanda.
  • Berbagai mal dan pusat perbelanjaan juga telah menyiapkan beberapa program liburan untuk anak-anak yang bersifat edukatif namun menyenangkan. Seperti yang bisa dilihat di Mal Ciputra Jakarta Barat, yang meluncurkan program Go Green untuk menunjukan kepedulian terhadap pemanasan global yang makin marak dewasa ini. Program-program yang diluncurkan di antaranya bekerjasama dengan Class Octopus (sebuah taman bacaan di Mal Ciputra) yang menggelar kegiatan dimana anak-anak dapat berpartisipasi dalam menanggulangi masalah pemanasan global dan belajar untuk mencintai dan menjaga alam.
Jakarta Selatan

  • Bagi yang suka dengan satwa primata bisa berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer di Kebun Binatang Ragunan di daerah Jakarta Selatan. Di pusat primata Schmutzer ini, anak-anak bisa belajar mengenal tentang jenis-jenis primata dan habitatnya. Pusat Primata Schmutzer juga memiliki perpustakaan, museum, dan teater bioskop kecil tentang primata di Indonesia dan di dunia.
  • Taman Air Pondok Indah (Pondok Indah Waterpark) juga merupakan tujuan favorit warga Jakarta Selatan. Walaupun tidak seluas sarana wisata lainnya, namun sarana taman air pondok indah ini cukup bervariasi. Disini terdapat dua kolam dangkal untuk anak-anak, satu kolam olympic, dua arena seluncur dengan kolam di ujung, serta sebuah kolam arus berbentuk lingkaran. Lokasinya yang menyatu dengan pusat perbelanjaan Mal pondok indah dinilai cukup strategis untuk dicapai darimana pun.
  • Anak-anak juga bisa belajar membuat layangan dan keramik di Museum Layang-layang Indonesia yang berlokasi di Jalan Haji Kemang, Pondok Labu Jakarta Selatan. Museum ini memiliki lebih dari 500 layang-layang dari berbagai jenis dan ukuran yang berasal dari berbagai daerah dan negara.
  • Taman Makam Pahlawan Kalibata yang terletak di Jl. Taman Makan Pahlawan Kalibata, merupakan makam para pahlawan Indonesia termasuk pahlawan revolusi pada masa G30SPKI di tahun 65. TMP juga memiliki monumen dan danau yang luas.
  • Di lokasi perbelanjaan Pacific Place kawasan SCBD, terdapat sarana edutaintment Kidzania dimana anak-anak dapat menyalurkan dan melatih bakatnya dalam dunia pekerjaan.
Jakarta Timur

  • Di daerah Jakarta Timur terdapat objek wisata terkenal seperti Taman Mini Indonesia Indah yang menyuguhkan bentuk miniatur dari kepulauan Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi yang menyimpan benda-benda koleksi milik Mantan Presiden Soeharto, Museum Pos/Telkomunikasi, Akuarium Air Tawar atau Museum Serangga . Belum lama ini juga telah dibuka waterpark baru bernama Snow Bay tapi tiket masuk masih terbilang mahal yaitu Rp. 100.000,-/orang.
  • Bagi yang suka kegiatan alam terbuka, bisa berkemah di kawasan bumi perkemahan cibubur.


Jakarta Utara

  • Taman Impian Jaya Ancol merupakan area wisata yang paling sering diserbu oleh wisatawan saat liburan tiba. Di kawasan Ancol ini juga terdapat berbagai wahana wisata seperti Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld Indonesia, berseluncur di es yang dingin di Ice World, berenang di Atlantis Waterpark, atau bersenda gurau bersama lumba-lumba di Gelanggang Samudera. Bagi yang suka tantangan juga tersedia fasilitas outbound bernama Outboundholic untuk anak maupun dewasa.
  • Melihat-melihat Rumah Si Pitung di kawasan Cilincing, selain berwisata juga bisa menjadi ajang pengenalan tokoh-tokoh pahlawan Betawi seperti Si Pitung kepada anak-anak.
  • Sedangkan Jakarta Food Festival di Mal Kelapa Gading bisa menjadi tempat berkumpul keluarga dan berpetualang mencicipi kuliner Indonesia.
ada tempat wisata/hiburan menarik lainnya di Jakarta? share disini ya...

dc-dari berbagai sumber web, blog, media, dll.

Tidak ada komentar:

search box