Tips Mudik

Bagi kebanyakan warga yang tinggal dan beraktivitas di DKI Jakarta, mudik merupakan agenda rutin menjelang Idul Fitri atau Lebaran karena sebagian besar warga DKI Jakarta pada umumnya adalah pendatang. Otomatis Jakarta menjadi lengang dikala lebaran. Beberapa tips berikut mungkin berguna bagi anda yang ingin mudik.
Agar mudik Anda terasa nyaman dan aman, ada baiknya Anda memperhatikan tips-tips yang disampaikan Polda Metro Jaya berikut ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes I Ketut Untung Yoga Ana mengatakan, bagi warga yang tinggal di komplek perumahan, pastikan pengaturan petugas
security/satpam komplek. Hal itu, kata dia, bisa dikoordinasikan dengan manajemen komplek tersebut.

"Bagi yang tinggal di luar komplek, upayakan berkoordinasi untuk mengaktifkan pelaksanaan keamanan lingkungan atau setidak-tidaknya menitipkan rumah yang akan ditinggal kepada tetangga atau RT/RW setempat atau kantor polisi terdekat," ujar Yoga di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (04/09/08).

Selain itu, Yoga juga menyarankan kepada para pemudik untuk memastikan pintu rumah dan jendela-jendela terkunci. Kemudian, pastikan untuk menyalakan lampu dibagian luar rumah agar memudahkan pengawasan di malam hari.

"Dan untuk mencegah adanya kebakaran, jangan lupa untuk mematikan kompor, peralatan listrik, kompor gas dan benda-benda lain yang bisa menimbulkan api," ujarnya.

Yoga juga mengimbau agar memberikan nomor telepon genggam yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat kepada tetangga atau RT/RW serta kantor polisi terdekat.
"Dan jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat. Demi keselamatan dan keamanan, agar sekiranya tips-tips ini diperhatikan," imbuhnya.
Berikut ini adalah sejumlah tips mudik dengan aman seperti disampaikan Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Komisaris Besar I Ketut Untung Yoga Ana:

1.Jangan mudah menerima tawaran makanan ataupun minuman dari seseorang yang belum Anda kenal dengan baik agar tidak jadi korban kejahatan pembiusan.

2. Jangan menyahut apabila disapa atau ditepuk oleh orang yang tidak Anda kenal.

3. Hindari mengenakan perhiasan mencolok atau membawa uang berlebihan. Ini bisa merangsang orang berbuat jahat, terutama dalam keramaian seperti di terminal dan stasiun.

4. Barang bawaan juga sebaiknya dikemas sedemikian rupa sehingga dengan mudah dibawa dan diawasi.

5. Untuk menghindari kejahatan seksual atau pelecehan, sebaiknya kaum perempuan yang akan mudik juga menjaga penampilan dengan berdandan sewajarnya saja.
6. Terakhir, pilihlah jasa angkutan umum dengan cermat, terutama perusahaan angkutan yang sudah dikenal memberi pelayanan baik.
Sumber: DetikNews, Kompas.Com

Tidak ada komentar:

search box